KENAPA TARI PENDET MALAYSIA ??

Malaysia membuat suatu sensasi lagi!!!! Ya negeri jiran ini membuat iklan enigmatic promosi malaysia dengan memasukkan Tari Pendet didalamnya.

Tari Pendet

Tari Pendet, Bali-Indonesia

Tari Pendet pada awalnya merupakan tari pemujaan yang banyak diperagakan di pura. Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Lambat-laun, seiring perkembangan zaman, para seniman Bali mengubah Pendet menjadi “ucapan selamat datang”, meski tetap mengandung anasir yang sakral-religius.

Pendet merupakan pernyataan dari sebuah persembahan dalam bentuk tarian upacara. Tidak seperti halnya tarian-tarian pertunjukkan yang memerlukan pelatihan intensif, Pendet dapat ditarikan oleh semua orang, pemangkus pria dan wanita, kaum wanita dan gadis desa.

Tarian inilah yang dimasukkan oleh seorang produser asal malaysia Norman Abdul Halim beserta team-nya kedalam iklan enigmatic malaysia yang disiarkan oleh Discovery Chanel.

Saat wawancara via telepon dengan salah satu Televisi Swasta di Indonesia tanggal 24-08-2009 dan dihadiri juga oleh Menteri Kebudayaan & Pariwisata Indonesia Bapak Jero Wacik, Norman berkilah bahwa iklan tersebut merupakan sebuah cerita tentang asal muasal kain Batik. Tetapi tetap dia tidak dapat menjelaskan kenapa harus memasukkan Tari Pendet kedalamnnya tanpa ada sedikitpun unsur kata atau kalimat dalam iklannya yang menyatakan bahwa tarian tersebut berasal dari Bali-Indonesia.

Saat dikonfirmasi kepihak Kedubes Malaysia unutk Indonesia, perwakilan kedubes malaysia mengatakan bahwa pemerintah malaysia tidak tahu menahu tetang iklan tersebut karena yang mengerjakannya adalah pihak swasta. Sekalipun Norman A.H dan team-nya adalah pihak swasta asal malaysia namun mereka seharusnya tidak seenaknya menayangkan iklan enigmatic budaya negara lain tanpa seijin yang empunya.  Dan pihak pemerintah malaysia sepatutnya bisa lebih jeli melihat hal ini dan kami harap (@Bangsa Indonesia) ini bukan kesengajaan karena kalau hal ini merupakan kesengajaan maka identitas negri jiran yang telah dilekatkan oleh sebagian masyarakat Indonesia BENAR ADANYA!!

Dengan kejadian seperti ini mari kita lestarikan Budaya bangsa kita Indonesia. Dan pemerintah Indonesia sebaiknya mengambil tindakan cepat untuk memvasilitasi hak patent untuk seni dan budaya hasil karya anak Bagsa kita Indonesia.

Dan Malaysia sebaiknya jangan mengambil sesuatu yang bukan hak miliknya sebab bukankah itu SANGAT HARAM hukumnya !!!! kecuali jika memandang hal tersebut HALAL :)…..Peace.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: