LPG oh LPG

LPG 12kg

LPG 12kg

Sejak pencanangan konversi minyak tanah ke LPG tahun 2005, saat ini LPG sudah menjadi kebutuhan primer di lebih dari 80% daerah di Indonesia. Minyak tanah sudah mulai ditinggalkan dan tidak diedarkan lagi di daerah yang sudah menagalami konversi. Tujuan awal konversi ini tidak lain adalah untuk menghemat subsidi atas miyak tanah yang dianggap Pemerintah terlalu tinggi. Sehingga Energi alternatif pengganti minyak tanah sebagai bahan bakar rumah tangga adalah LPG karena dinilai LPG lebih hemat biaya dan effisien penggunaannya. Dan sebagai konsekuensinya pemerintah mensubsidi LPG 3kg dan membagikan tabung dan kompor gratis pada awal konversi di setiap daerah.

Namun seiring berjalannya waktu dan semakin membuminya penggunaan LPG dimasyarakat, lambat laun bahan bakar yang dulunya dianggap murah dan praktis ini mulai mengalami kenaikan. Dimana pada awal tahun konversi (@pulau Jawa) harga rata-rata LPG 3kg berkisar antara Rp 9500 s/d Rp  11.000 (Harga Eceran Tertinggi) namun tahun ini harga LPG 3kg sudah menembus harga Rp 13.500 s/d Rp 15.000, bayangkan itu terjadi dalam waktu 3 tahun, bagaimana di tahun berikutnya???? hanya Pemerintah yang memutuskan!!

Saat ini (@red : Oktober 2009) harga LPG 12kg juga dinaikkan oleh PERTAMINA Rp 100,- per kg nya. Memang LPG 12kg tidak termasuk dalam subsidi pemerintah namun implikasinya adalah restoran/cafe/warung makan yang dulunya memakai LPG 12kg lambat laun beralih memakai LPG 3kg. Dan sesuai hukum pasar permintaan bertambah maka harga juga meningkat. Dan apalagi info yang saya dapat bahwa HET (Harga Eceran Tertinggi) LPG 3kg akan LANGSUNGGG ditentukan oleh Pemerintah Daerah…..(@www.detik.com/detik finance) wow…!!!

LPG oh LPG…….ku bertanya pada mu, (@red : karena nanya ke Pemerintah pasti berbelit belit🙂 )

2 Balasan ke LPG oh LPG

  1. Rudini Silaban mengatakan:

    artikelnya bagus sekali….

    btw,dah q link blog u…

    link balik ya sobat…

    thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: